Cara membuat video animasi dengan menggunakan Videoscribe


Pernahkah anda melihat video animasi tangan yang sedang menulis di sebuah kertas? Jika anda pernah melihatnya, pernahkah anda berfikir bagaimana cara membuat animasi seperti itu? Atau anda pernah berfikir, bagaimana membuat video animasi? Sebenarnya membuat animasi ada banyak software video yang bisa digunakan untuk membuat video animasi. Mulai dari After Effect, Adobe Flash, dan lain-lain. Tapi saat ini saya akan membuat tutorial membuat animasi dengan menggunakan software videoscribe. Mengapa menggunakan videoscribe sparkol? Karena videoscribe merupakan software untuk membuat video animasi dengan mudah. Tidak seperti After Effect dan software lain yang lebih memerlukan usaha ekstra untuk membuat animasi. Membuat video animasi menggunakan videoscribe relatif lebih mudah.

Ketika anda mencari video di youtube, anda akan menemukan beberapa video youtube yang menggunakan videoscribe untuk membuat video animasinya. Dan bahkan ada banyak orang juga yang menonton video animasi tersebut (ada banyak faktor yang mempengaruhi viewer youtube). Ini membuktikan bahwa ada beberapa orang yang menganggap bahwa membuat animasi dengan menggunakan videoscribe tersebut menarik untuk ditonton. Oleh karenanya, mempelajari membuat video animasi dengan menggunakan videoscribe layak untuk dipelajari. Walaupun mempelajari software animasi lain penting juga untuk dipelajari. Tetapi, bukannya lebih baik untuk mempelajari sesuatu yang mudah terlebih dahulu?

Software ini merupakan software berbayar, tapi anda bisa mendapatkannya dengan gratis (walaupun ada watermark di bawahnya). Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk bisa membuat video animasi dengan mudah:

1.       Download terlebih dahulu videoscribe sparkol secara offline di Google.com.

2.       Setelah berhasil di download, maka klik dua kali file “videoscribe.msi”, lalu klik next.

3.       Kemudian isikan lokasi folder akan di Install, misalnya di “C:\Program Files (x86)\Sparkol\Sparkol VideoScribe\”. Lalu kemudian klik Next.

4.       Kemudian klik tombol install untuk menginstall videoscribe tersebut. Proses install videoscribe membutuhkan waktu beberapa menit.

5.       Setelah anda berhasil menginstall videoscribe, anda bisa membuka folder videoscribe. Untuk pengguna Windows 64 bit, anda bisa membukanya di "C:\Program Files (x86)\Sparkol\Sparkol VideoScribe\" sedangkan untuk yang 32 bit anda bisa membukanya di “C:\Program Files\Sparkol\Sparkol VideoScribe\”.

6.       Jika semuanya sudah dilakukan, maka yang terakhir adalah silahkan login dengan memasukkan e-mail dan juga password. Setelah itu check list “Remember Me” ketika login (hal ini digunakan untuk mendapatkan mode offline).

7.       Proses Installasi software Videoscribe Sparkol sudah selesai. Anda bisa memulai berkreasi membuat animasi tulisan tangan dengan menggunakan Videoscribe ini. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat video tutorial atau untuk membuat video presentasi, semuanya tergantung kreatifitas anda.

Lalu bagaimana caranya membuat animasi dengan menggunakan Videoscribe tersebut? Berikut ini adalah carannya:

1.       Setelah anda berhasil masuk ke videoscribe dengan memasukkan e-mail dan password, anda akan menemui halaman awal videoscribe.

2.       Anda bisa memulai membuat video animasi dengan mengklik tombol plus yang berada di sebelah kiri atas.

3.       Ini adalah tampilan awal ketika anda mengklik tombol plus tersebut. 

4.       Untuk bisa memulai membuat tulisan di videoscribe, anda bisa mengklik tombol “Add text to the canvas”.

5.       Setelah tombol “Add text to the canvas” maka akan muncul tampilan seperti ini:

6.       Anda bisa memasukkan tulisan apapun kedalam your message. Contohnya adalah tulisan “Hai, selamat datang”.

7.       Anda bisa mengganti tulisan anda dengan tulisan yang anda anggap lebih bagus dengan menekan tombol “Change or import a new font used by the text”. 
 

8.       Ini adalah tampilan jenis font yang dapat anda pilih. Font yang berwarna biru muda, adalah font yang sudah diinstall di dalam komputer. Sedangkan font yang berwarna putih adalah font yang belum di install di komputer anda. Jika anda ingin menggunakan font yang masih berwarna putih tersebut, anda bisa menginstall terlebih dahulu font yang berwarna putih tersebut dengan cara mengklik font yang ingin anda install.
9.       Ketika anda mengklik font yang belum anda install tersebut akan memiliki tampilan seperti ini:

10.   Anda bisa langsung mengklik tombol chacklist untuk dapat menginsallnya ke komputer anda.

11.   Setelah anda memilih font yang sudah anda install tersebut di komputer anda, maka tampilan akan seperti ini.

12.   Ketika anda mengklik tombol oke, anda akan mendapati font (tulisan) yang anda pilih tersebut berwarna hitam. Anda bisa mengganti warna font (tulisan) tersebut dengan warna lain, contohnya saja anda bisa mengganti warna font tersebut dengan warna biru. Caranya cukup mudah, sebelum anda menekan tombol oke, anda klik terlebih dahulu tombol "Change the colour of the text".

13.   Setelah anda menekan tombol “Change the colour of the text”, maka tampilan yang akan keluar adalah seperti di bawah ini, anda bisa mengklik warna yang anda inginkan, misalnya warna biru.

14.   Maka warna font tersebut akan berubah sesuai dengan warna yang anda tekan tadi (contohnya warna biru). Kemudian anda bisa langsung menekan tombol chacklist yang berada di kanan bawah.

15.   Anda bisa mengedit beberapa hal di text tersebut dengan menekan tombol "Change properties of this element". 

16.   Anda bisa mengatur durasi waktu animasi dengan mengklik tombol – atau + yang berada di animate atau pause.

17.   Animate adalah waktu yang dibutuhkan untuk membuat animasi sesuai dengan durasi yang dimasukkan. Contohnya anda memasukkan 4s (4 detik). Maka selama 4 detik animasi tersebut akan berjalan. 

18.   Pause adalah waktu yang dibutuhkan untuk pause atau berhenti. Contohnya saja ketika anda memasukkan 2s (2 detik). Maka sebelum 2 detik selesai, animasi berikutnya tidak akan diteruskan.

19.   Dengan demikian maka animate + pause (4s + 2s = 6s).

20.   "Preview play the scribe" berfungsi untuk memutar video animasi secara keseluruhan. "Preview play from here" berfungsi untuk memutar animasi hanya di bagian tersebut saja.

21.   Lalu geser canvas ke sebelah kanan. Klik tombol "Browse the base library" untuk memasukkan gambar yang sudah disediakan oleh videoscribe. Contohnya saja sosial media -> (gambar facebook).

22.   Ini adalah hasil setelah anda memasukkan gambar facebook tersebut kedalam canvas. Anda bisa mengecilkan gambar atau membesarkan gambar sesuka hati anda. Anda bisa menggerakkan posisi gambar facebook tersebut ke kanan atau ke kiri.

23.   Setelah selesai, anda bisa memposisikan gambar facebook itu berada di tengah atas, kemudian klik kanan di canvas dan klik “set camera” maka kamera akan mengkunci posisi dari gambar facebook tersebut.

24.   Anda bisa mengatur durasi animasi facebook tersebut dengan mengikuti point 15 – 19.

Anda juga dapat memasukkan musik dengan menekan tombol "Add or change a music track for this scribe" untuk memasukkan musik.