6 Perkembangan Teknologi Power Bank

Jika kita melakukan perjalanan ke luar kota atau pun kemana saja, tentunya akan sangat menyebalkan sekali jika ternyata smartphone yang kita bawa baterainya habis. Hal ini dikarenakan smartphone sekarang merupakan suatu kebutuhan manusia. Banyak pekerjaan yang membutuhkan smartphone. Banyak juga orang yang berkomunikasinya​ menggunakan WhatsApp yang hanya berada di smartphone.

Jika smartphone yang kita bawa ternyata baterainya habis, tentunya akan menggangu pekerjaan dan komunikasi kita dengan orang lain. Dan jika kita tidak bisa menemukan dimana stop kontak untuk melakukan charger. Kita akan kesulitan untuk berkomunikasi karena smartphone kita mati. Oleh karena itu kita membutuhkan bantuan power bank.

Power Bank itu sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 2001 an dan di pamerkan di Las Vegas International Consumer Electrinics Show. Pada waktu itu namanya bukan power bank, namun namanya adalah Power Mobile Bank. Sehingga hal tersebut berkembang dan menjadi power bank yang dikenal seperti pada saat ini. Tetapi power bank pada saat itu masih belum populer seperti saat ini.

Di Indonesia sendiri, power bank sudah ada sejak tahun 2006. Tapi pada saat itu power bank tidak begitu banyak digunakan seperti saat sekarang, atau istilah tidak populer. Sampai pada tahun 2009 munculah smartphone yang menyebabkan penggunaan power bank menjadi meningkat. Hal itu dikarenakan smartphone berbeda dengan ponsel pada umumnya. Ponsel tidak boros daya sedangkan smartphone lebih boros daya sehingga membutuhkan bantuan power bank sebagai alat bantu agar tidak mati di perjalanan.

Power bank adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan daya. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa alat ini dapat menggantikan baterai. Dengan menggunakan alat ini anda bisa menyimpan daya listrik sehingga anda tidak kehabisan listrik di perjalanan. Power bank dilengkapi circuit yang akan dapat mengontrol listrik didalamnya, sehingga jika terlalu lama melakukan pengisian akan dilakukan pemutusan pengisian. Pada umumnya power bank memiliki dua buah port. Port yang pertama digunakan untuk melakukan pengisian power bank, sedangkan port yang kedua digunakan untuk mengisi daya smartphone yang dicolokan ke power bank.

Teknologi penyimpanan daya yang disebut Power bank ini sendiri diciptakan oleh seorang remaja yang masih berumur 18 tahun yang bernama Eesha Khare. Pada waktu itu dia melakukan percobaan untuk mengisi baterai ponselnya dalam waktu 20 detik saja. Kemudian penemuan yang berguna itu di pamerkan di Intel International Science and Engineering Fair.

Dengan penemuannya tersebut, dia mendapatkan uang binaan sebesar US$ 50 ribu atau jika dirupiahkan sebesar Rp 515 juta. Uang yang diterimanya itu digunakannua untuk menekuni pendidikannya di Universitas Hardvard. Dia berharap bahwa temuannya ini bisa terus dikembangkan. Dan benar saja bahwa temuannya ini bisa dikembangkan saat ini. Walaupun power bank digunakan untuk smartphone. Sebenernya power bank dapat digunakan untuk elektronik lain, seperti mobil dan sebagainya. Tetapi penggunaan sekarang yang populer adalah untuk smartphone.

Seperti yang kita ketahui bahwa power bank adalah alat yang digunakan untuk menyimpan daya untuk disalurkan kembali ke smartphone. Daya tersebut bisa bermacam-macam, ada yang 3000 mAh dan ada yang 10.000 mAh. Misalnya saja power bank dengan besar 3000 mAh bisa mentransfer daya sebanyak dua kali pengisian kepada smartphone yang berkapasitas 1.500 mAh. Tapi kita harus berhati-hati dengan kelicikan yang di lakukan oleh orang lain yang menuliskan keterangan daya nya lebih besar dibandingkan dengan daya asli yang dapat ditampungnya.

Sehingga pada akhirnya tahun 2018 ini telah banyak jenis power bank yang diciptakan dan beredar di masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa power bank yang merupakan contoh dari power bank yang mempunyai kwalitas yang baik:

6.         AUKEY Power bank 20.000 mAh


Power bank ini memiliki penyimpanan daya yang besar yaitu mencapai 20.000 mAh. Power bank ini memiliki dua port yang jarang dimiliki oleh power bank yang lain, yaitu dapat mengisi daya smartphone dan tablet secara bersamaan.

Sehingga power bank ini termasuk sebagai power bank yang terbaik karena kelebihan bisa melakukan pengisian dua smartphone secara bersamaan. Harga dari power bank ini adalah 450.000

5.         iMuto 30.000 mAh


Ini adalah power bank yang unik karena power bank ini bukan hanya dapat mengisi daya smartphone dan tablet saja, tapi juga dapat melakukan pengisian daya pada leptop semua jenis termasuk leptop Macbook, hal yang jarang bisa dilakukan oleh power bank yang lain. Dengan menggunakan iMuto ini, anda bisa melakukan pengisian daya smartphone berkali-kali karena dayanya yang besar. Harga yang ditawarkan oleh power bank ini adalah Rp 1.239.000.

4.         Anker PowerCore 20.100 mAh


Power bank ini mempunyai daya penyimpanan yang cukup besar yaitu sampai 20.100 mAh. Dengan daya yang besar ini, anda bisa melakukan pengisian baterai smartphone secara berulang-ulang. Selain itu yang menjadikan power bank ini menjadi layak dibeli adalah karena power bank ini memiliki fitur high speed charging yang dapat melakukan pengisian daya dengan sangat cepat. Hal ini tentu saja menjadikan powerbank ini menjadi salah satu power bank terbaik yang layak untuk dibeli. Anker PowerCore 20.100 mAh ini bisa anda dapatkan seharga Rp 499.000.

3.         V-Gen PB-V10K6


Berbeda dengan power bank lain yang menggunakan bahan metal dan plastik sebagai body nya. V-Gen PB-V10K6 ini justru menggunakan bahan kain yang keren, sehingga terlihat berbeda dengan power bank pada umumnya. Dengan menggunakan alat ini, anda dapat melakukan pengisian 2 gadget sekaligus karena dilengkapi dengan dua port.

V-Gen PB-V10K6 mempunyai fitur teknologi power bank terkini, misalnya teknologi Overheat Protecion dan juga teknologi Overcharge Protection. Dengan teknologi ini akan mencegah terjadinya panas berlebih dan terlalu lama melakukan charger atau pengisian. Harga power bank ini sendiri adalah sekitar Rp 300.000 an.

2.         V-Gen PB-V10K7


Power bank V-Gen yang satu ini dibuat dengan menggunakan body metal yang tidak kalah keren dengan power bank yang menggunakan bahan lain sebagai body nya. Selain dari pada itu, power bank ini mempunyai fast charging 3.0 yang dapat melakukan pengisian daya smartphone menjadi lebih cepat.

Lalu dilengkapi juga dengan USB type C yang dapat membuat mengisi ulang power bank menjadi lebih cepat. Power bank ini dapat menampung daya hingga 10.000 mAh. Dan harga yang dibandrol adalah Rp 500.000.

1.         Poweradd Pilot 2GS 10.000 mAh


Power bank ini memiliki kapasitas sekitar 10.000 mAh. Kapasitas yang bisa dikatakan lumayan untuk sebuah power bank. Selain itu, power bank ini memiliki fitur pengisian daya dengan cara yang cepat. Dengan menggunakan power bank ini, situasi darurat bisa diatasi. Power bank ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 359.000.