6 Proyek Teknologi Yang Mengalami Kegagalan

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi membawa perubahan bagi masyarakat. Sangat banyak teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, namun ada juga teknologi yang tidak bermanfaat dan berguna. Teknologi yang bermanfaat untuk manusia tentunya akan menjadi sebuah teknologi yang populer. Tapi jika teknologi tersebut tidak bisa membantu manusia dan tidak bisa mempermudah manusia untuk menyelesaikan sesuatu, maka teknologi tersebut merupakan teknologi yang gagal.

Wajar jika penjualan dari teknologi tersebut minim atau kurang laku di jual. Dan andaikata teknologi tersebut bermanfaat namun gagal di jual di masyarakat atau tidak laku, berarti ada sesuatu yang salah. Mungkin dari sisi marketing atau mungkin dari sisi yang lain. Berikut ini adalah teknologi yang mengalami kegagalan:

6. Healthcare.gov


Website ini adalah website kepunyaan negara Amerika yang bisa dikatakan gagal. Hal ini dikarenakan website ini tidak bisa diakses oleh pengguna. Ketika ada masyarakat yang mencoba untuk mengakses website ini, maka website ini akan menampilkan halaman error dan juga pemberitahuan yang mengatakan bahwa halaman kehabisan resource. Padahal dana yang dikeluarkan untuk membuat website ini termasuk besar dan tidak sedikit, yaitu 70 juta - 600 juta USD. Tapi yang membingungkan kenapa website ini tidak bisa diakses? Tapi untuk saat ini website ini sudah bisa beroperasi.

5. Windows Vista


Setelah Microsoft sukses membuat sistem operasi yang bernama Windows XP, kemudian Microsoft mencoba untuk membuat versi Windows terbaru untuk menggantikan Windows XP. Windows tersebut bernama Windows Vista. Ternyata Windows Vista ini tidak lebih baik dari pada versi Windows yang dahulu. Banyak pengguna yang memberikan keluhan dari Windows Vista ini. Hal ini dikarenakan pembuatan Windows Vista yang dianggap kurang memuaskan, dan Windows Vista memiliki marketing yang kurang bagus atau strategi marketing yang bisa dikatakan salah. Microsoft memberikan janji-janji bahwa Windows Vista akan memiliki tiga fitur baru. Tapi ternyata janji tersebut tidak dipenuhi oleh Windows Vista. Windows Vista hanya memiliki 1 fitur baru yang bisa di penuhi. Hal inilah yang menyebabkan pengguna mengalami kekecewaan.

Sebenernya kalau di rincikan, banyak sekali kekurangan yang dimiliki oleh Windows Vista ini. Contohnya saja penggunaan Windows Vista yang mengalami kebingungan saat ingin melakukan pembelian. Hal ini bisa terjadi karena Windows Vista menggeluarkan banyak sekali versi Windows Vista. Padahal sebenarnya masyarakat hanya membutuhkan Windows Vista versi yang sederhana dan versi komplit yang memiliki semua fitur.

Windows Vista juga merupakan Windows yang memboroskan pemakaian baterai laptop. Hal ini seharusnya bisa diselesaikan dengan menggunakan source kode yang terpisah dan dengan menggunakan hybrid hard disk (HHD). Tapi pada kenyataannya Windows Vista harus menggunakan SSD yang mahal.

Yang mengherankan adalah driver yang bisa digunakan di Windows XP tidak bisa digunakan untuk Windows Vista, seharusnya versi terbaru mendukung versi sebelumnya, tapi driver Windows XP ternyata tidak bisa digunakan oleh pengguna Windows Vista.

Marketing tidak gencar seperti Windows versi sebelumnya. Meskipun ada beberapa iklan yang mempromosikan Windows Vista ini, namun tetap saja promosi Windows Vista ini bisa dibilang kurang dibandingkan dengan Windows XP. Hal ini membuat Windows Vista tidak mendapatkan perhatian dari dunia. Hal ini sangat disayangkan, karena bisa saja Windows Vista lebih populer dari pada yang sekarang jika marketingnya lebih gencar lagi.

Kinerja Windows Vista juga bisa dikatakan aneh. Setelah pengembangan lebih dari empat tahun tetapi ternyata kinerja dari Windows Vista lebih buruk dari Windows versi sebelumnya. Seharusnya jika demikian, windows dengan versi yang belum stabil dan masih banyak kekurangan tersebut jangan dikeluarkan dan dipasarkan kemasyarakat terlebih dahulu sebelum semuanya sempurna. Hal ini yang menyebabkan banyak orang yang kecewa dengan sistem operasi Windows Vista. Seharusnya kinerja adalah hal yang harus diutamakan oleh Windows ketika membuat versi terbaru dari Windows tersebut.

4. UMPCs



Sebelum adanya smartphone yang ada sekarang ini, ada sebuah gadget yang memiliki tampilan seperti komputer. Dengan kata lain ini adalah versi mini dari komputer. Alat ini diberi nama UMPCs. UMPCs adalah singkatan dari Ultra-mobile PCs. Tapi ternyata produk ini tidak laku dipasaran karena produk ini mempunyai beberapa kelemahan. Diantaranya adalah produk ini cepat panas dan memiliki harga yang sangat mahal.

3. Motorola Rokr E1


Handphone ini adalah handphone pertama yang bisa memainkan musik melalui iTunes, dengan demikian hasil suara yang dihasilkan oleh alat ini sangat stereo jika dibandingkan dengan handphone-hendphone lain pada masanya. Kelebihan dari handphone ini adalah kita bisa menggonta-ganti tema handphone kita, sesuai dengan keinginan hati kita. Handphone ini juga mempunyai ukuran yang user friendly, artinya handphone ini tidak memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Handphone ini memiliki kemampuan untuk switch memory, artinya dengan menggunakan handphone ini kita bisa menyembunyikan salah satu memory baik memory sd card ataupun memory internalnya. Tetapi handphone ini memiliki suatu kelemahan, yaitu handphone ini memiliki tempat penyimpanan lagu yang bisa dibilang kecil, yaitu hanya memuat 100 lagu saja. Hal ini lah yang merupakan salah satu faktor handphone ini tidak laku di jual. Produk handphone ini hanya laku dijual sampai tahun 2007 saja, atau dengan kata lain hanya 2 tahun saja dan penjualannya pun sangat mengecewakan.

2. MySpace


Sosial media Facebook saat itu sedang boming atau populer di masyarakat. Banyak orang yang menggunakan media sosial yang satu ini. Dengan menggunakan media sosial, banyak orang yang terbantu untuk dapat saling berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah dan murah. Tidak seperti zaman dulu yang hanya ada teknologi handphone dan SMS saja. Dengan menggunakan media sosial asalkan kita mempunyai akses internet, kita bisa saling berkomunikasi dengan murah. Bahkan jika kita memiliki kerabat di luar negeri, kita bisa berkomunikasi lewat situs media sosial ini dan tentu saja lebih murah jika dibandingkan berkomunikasi dengan menggunakan handphone.

Selain Facebook yang populer, ada media sosial lain yaitu MySpace. Media sosial ini adalah media sosial yang dulu bisa dibilang cukup populer. Tapi ketika media sosial Facebook mendominasi, media sosial MySpace mengalami anjlok atau kebangkrutan. Hal ini mengakibatkan harga media sosial yang seharga 580 juta USD ini penjualannya menjadi turun drastis menjadi 35 juta USD saja hanya dalam waktu 6 tahun.

1. Blackberry Blackout


Hal yang bersejarah bagi blackberry. Blackberry tidak bisa mengakses ke internet atau dengan kata lain tidak bisa terhubung ke internet dalam waktu yang lumayan lama yaitu sekitar 4 hari. Hal ini menyebabkan fitur yang dimiliki oleh Blackberry yaitu untuk melakukan BBM tidak bisa digunakan. Bahkan untuk melakukan hal yang lain yang berkaitan dengan menggunakan internet pun tidak bisa digunakan seperti untuk membuka e-mail dan juga untuk browsing di internet. Sehingga pengguna beralih ke handphone android.