10 Hewan Teraneh di Dunia

Ada jutaan, bahkan mungkin puluhan juta spesies makhluk hidup di dunia ini.  Dari sekian banyak hewan, tentu saja hanya sebagian kecil yang pernah kita ketahui dan lebih sedikit lagi yang pernah kita lihat secara langsung.  Nah, kali ini Top10Indo akan menyajikan sebuah artikel yang mengulas tentang hewan-hewan teraneh di dunia.

Hewan-hewan ini tak hanya memiliki bentuk tubuh yang aneh, namun juga memiliki pola hidup yang tidak lazim.  Beberapa satwa ini juga tergolong cukup langka dan hanya bisa ditemukan di bagian dalam hutan, atau dasar laut yang dalam.  Berikut daftarnya:

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Goblin Shark (Hiu Goblin)


Bentuknya sangat menyeramkan dan terlihat seperti monster-monster di dalam cerita fantasi.  Goblin Shark adalah salah satu hiu yang hidup di dasar laut terdalam, di bagian sinar matahari tidak bisa menembus daerah tersebut.  Hiu ini terbilang sangat langka, karenanya sering disebut juga sebagai "fosil hidup".  Keberadaannya juga baru ditemukan beberapa dekade yang lalu.

Walaupun terlihat mengerikan, hiu goblin tidaklah berbahaya bagi manusia.  Ini karena mereka hidup di dasar lautan yang sangat dalam, teritori yang sangat jarang dijamah oleh manusia.  Walaupun demikian, bentuk tubuhnya yang seram tetap bisa membuat kita merasa takut.



9.  Dumbo Octopus (Gurita Dumbo)


Pecinta game Pokemon pasti sudah cukup familiar melihat sosok makhluk seperti ini.  Gurita Dumbo terbilang cukup aneh.  Walaupun bernama "gurita", makhluk ini sama sekali tidak memiliki tentakel.  Selain itu, bentuknya juga sangat jenaka dan sedikit menggemaskan, membuat kita ingin memeliharanya di dalam akuarium.

Makhluk ini memiliki nama ilmiah Grimpotheutis dan ukurannya pun bermacam-macam, anda yang sangat kecil segenggaman tangan, namun ada pula yang lebarnya mencapai 1,8 meter.  Hewan aneh ini sering ditemukan mengambang di permukaan laut.



8.  Aye-aye


Aye-aye adalah "primata nokturnal terbesar", alias hewan sejenis monyet yang aktif mencari makan di malam hari.  Hewan ini memiliki kesan sedikit menyeramkan, menjijikkan, namun juga terlihat jenaka.  Tubuhnya yang berwarna hitam ditumbuhi bulu-bulu yang jarang, matanya yang besar dan lebar selalu terbelalak, dan telinganya yang besar membuat Aye-aye terlihat sedikit mirip kelelawar.

Makhluk ini hanya hidup di pulau Madagaskar dan diklasifikasikan sebagai salah satu hewan yang hampir punah.  Walaupun Aye-aye sebagian besar menghabiskan waktunya dengan menyantap buah-buahan, hewan ini juga terkadang memangsa serangga kecil yang berkeliaran di malam hari.



7.  Pacu Fish


Bentuknya sebenarnya menyerupai ikan biasa, namun apabila anda mencermatinya secara lebih teliti, well, bisa-bisa anda merasa terkejut atau bahkan ketakutan.  Pacu Fish atau ikan Pacu adalah sejenis satwa laut unik yang hanya ditemukan di daerah Papua Nugini.  Keanehan hewan ini terletak pada giginya yang menyerupai gigi manusia.

Walaupun tidak terlalu besar, Pacu Fish terbilang cukup ganas dan berbahaya.  Mereka terkenal sebagai pemakan daging, dan tidak segan-segan untuk memangsa manusia yang jatuh ke laut.  Nelayan lokal pun mengganggap makhluk aneh ini sebagai salah satu ancaman terbesar.



6.  Saiga Antelope (Antelop Saiga)


Antelop adalah hewan sejenis rusa yang biasa hidup di daerah padang rumput.  Mereka mempunyai sepasang kaki yang lincah dan mampu berlari dengan kecepatan tinggi.  Tak hanya itu, antelop juga mampu melompat hampir setinggi dua meter untuk menghindari kejaran pemangsa.  Selain itu, tanduknya yang tajam dan bengkok terkadang mampu berguna untuk melindungi diri.

Saiga Antelope adalah salah satu spesies antelop paling unik.  Makhluk ini memiliki bentuk hidung yang sangat unik dan berukuran besar.  Hidung yang berbentuk aneh ini membuat wajah Saiga Antelope terlihat sedikit konyol dan lucu.



5.  Indian Purple Frog (Katak Ungu India)


Banyak orang yang merasa jijik, bahkan ketakutan melihat sosok katak yang berlendir dan gemar melompat-lompat.  Bisa dipastikan, orang-orang tersebut akan lebih ngeri melihat sosok Indian Purple Frog yang bentuknya jauh lebih aneh dan fantastis.  Hewan ini tampak seperti seonggok daging berwarna ungu yang licin, dengan ukuran mata yang kecil dan moncong yang lancip.

Seperti yang diindikasikan oleh namanya, hewan aneh ini hanya ditemukan di India.  Bentuknya yang unik dan eksotis membuat Indian Purple Frog banyak dicari oleh penduduk lokal untuk dijual.  Selain itu, sosoknya juga kerap dikaitkan dengan berbagai legenda setempat.



4.  The Bush Viper


Ular biasanya dikenal sebagai hewan yang sangat dihindari karena bentuknya yang menyeramkan dan menjijikkan.  Sifat licik dan jahat pun kerap dikaitkan dengan hewan melata yang ada di hampir seluruh penjuru dunia ini.  Tak jarang, banyak ular yang dibunuh setiap tahunnya karena dianggap membahayakan manusia dan dianggap membawa sial.

Deskripsi di atas tampaknya sama sekali tidak cocok apabila dikaitkan dengan sosok The Bush Viper, sejenis ular berwarna indah yang ditemukan di pedalaman Afrika.  Ular ini memiliki sisik berwarna hijau dan biru cerah, dengan bentuk yang sedikit menyerupai naga.



3.  Red Lipped Batfish


Dasar laut memang dipenuhi oleh hewan-hewan aneh yang belum pernah kita lihat sebelumnya.  Salah satunya adalah Red Lipped Batfish, yang memiliki bentuk badan gepeng, kaki-kaki yang rapuh, dan bibir yang berwarna merah menyala seperti sedang memakai lipstik.  Hewan ini tinggal di dasar laut dan sering menyamar sebagai batu untuk menerkam mangsanya.

Banyak kolektor di dunia ini yang berusaha memburu Red Lipped Batfish sebagai koleksi mereka.  Karena sangat susah ditangkap dan dikembangbiakkan, hewan ini memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran.  Apalagi, belakangan ini statusnya mulai dilindungi oleh beberapa negara.



2.  Glaucus Atlanticus


Satu lagi hewan yang bentuknya menyerupai tokoh Pokemon legendaris.  Glaucus Atlanticus dikenal juga dengan nama "blue dragon" dan memiliki bentuk dan corak yang sangat indah.  Hewan laut ini sebenarnya adalah sejenis siput yang memiliki kemampuan berenang.  Ukurannya yang kecil membuat Glaucus Atlanticus harus berjuang keras untuk meloloskan diri dari pemangsa.

Berbicara soal keindahan, mungkin blue dragon adalah hewan aneh paling indah yang bisa ditemukan di dunia ini.  Bentuknya sama sekali tidak konyol ataupun menjijikkan, namun justru terlihat anggun dan memesona.



1.  Narwhal


Narwhal adalah sosok paus bertanduk yang hidup di daerah Kutub Utara.  Hewan ini sudah hampir punah, karena terus menerus diburu oleh penduduk lokal sebagai sumber daging dan minyak.  Wajar saja, hewan ini memang gemuk dan berukuran besar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sumber persediaan makanan jangka panjang.

Tanduknya yang panjang dan runcing membuat penampilan Narwhal menjadi sangat unik.  Konon, hewan inilah yang menjadi inspirasi penciptaan Unicorn, makhluk legenda berupa kuda bertanduk satu yang sering muncul di berbagai cerita, video game, dan film fantasi.